Tak Kenal Maka Ta'aruf



Hay sobat Muslim Kreatif, apakah diantara kalian masih ada yang pacaran ?

Masih mempertahankan sesuatu yang belum tau endingnya ? apakah akan husnul khotimah atau akan su’ul khotimah?

Mulai sekarang ayok beranikan diri untuk berkata SAY NO TO PACARAN. Dan yang masih pacaran ayok HALALKAN atau TINGGALKAN.

Mungkin hal tersebut susah bagi kita untuk mengungkapkannya, karna mungkin terlalu sayang, cinta dan lain sebagainya.  akan tetapi ketahuilah Allah lebih tau yang terbaik untuk kita.

Allah Ta’ala berfirman,

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah:216)

Dari pada pacaran yang penuh janji-janji palsu, banyak kemaksiatan di dalamnya, yang dihiasi dengan gombal-gombal alay,,,,mending yuk dekatkan diri kepada Allah dan mulailah subuah ikatan cinta dengan TA’ARUF. Insya Allah Berkah.

Kenapa Harus Ta'aruf ?

Kenapa ya?

karena Ta'aruf adalah awal dari kisah cinta yang suci. Aduh..masih ada juga yang masih ragu dengan ta’aruf. Serius deh.. agar pernikahan kita nanti berkah maka awali dengan sesuatu yang baik. Maka dengan ta’aruf membuat pernikahan menjadi sakinah mawaddah warrahmah. Selain itu ada juga manfaat lainnya seperti berikut ini :


  • Melindungi nama baik,

Kalo sudah sekali pacaran lalu putus biasanya mantan menyebarkan aib-aib pasangan, teruspanggilan kita jadi dibilang mantan si dia, kalo ta’aruf insyaAllah rahasia dijaga karena tidak ada kepentingan apapun.

  • Menundukkan pandangan,

Kalo pacaran kan sering ketemu jadi ingin melihat terus, kalo ta’aruf biasanya diatur jadwal pertemuan dan ditemani pihak ketiga.

  • Memelihara kemaluan,

Kalo pacaran hasrat untuk menyalurkan syahwatnya meningkat karena bebas, kalo ta’aruf justru bukan syahwat yang didahulukan tapi keimanan dan akal sehat.

  • Menjaga perasaan,

Kalo pacaran banyaknya makan hati terus karena jadi korban perasaan yang masih labil, kalo ta’aruf hati tenang dan ikhlas menerima ketentuan takdir dari Allah.

  • Menguji mental,

Kalo pacaran banyaknya melemahkan mental karena saling menuntut perhatian dan banyakpemaksaan, kalo ta’aruf menguatkan mental karena menyerahkan keputusan pada kesepakatan bersama bukan pemaksaan.

  • Menumbuhkan cinta,

Kalo pacaran sudah jatuh cinta duluan jadi emosional kalo ta’aruf latihan membangun dan menumbuhkan cinta sehingga lebih kuat ikatannya karena lebih rasional.

  • Tidak Terjadi fitnah,

Kalo pacaran apalagi terlalu lama jadi fitnah dan pembicaraan orang kalo ta’aruf menghindari fitnah dengan menyegerakan proses menuju pernikahan.

Sebetulnya masih banyak lagi keberkahan dari proses ta’aruf lainnya. Namun intinya, awali pernikahan suci itu dengan sesuatu yang baik, niat baik, cara yang baik dan tujuan yang baik maka insyaAllah prosesnya akan berjalan dengan baik dan pernikahan pun akan selalu baik. Kebaikan itu menuju kepada kebahagiaan dan kebahagiaan itu menuju surga.

Lalu Bagaimana caranya ta’aruf? Bagi yang masih bingung

Tahap-tahapan dalam ta'aruf, berikut rinciannya :

1. Utarakan Niat Menikah Kepada Ortu

2. Cari Perantara

3. Tukar Biodata

4. Pertemuan Keluarga

5. Shalat Istikharah

6. Khitbah

7. Akad dan Walimah

Awalilah kisah cinta kalian atas ridho Allah Ta'ala dengan Ta'aruf.

Semoga bermanfaat,

Jangan lupa SHARE

Penulis : Setia Furqan Kholid

Rewrite : Penamuslim.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Kenal Maka Ta'aruf"

Posting Komentar