Kalo Nemu Ini Jangan Dibuang!!! Berikut 6 Benda Mahal Yang Berasal Dari Hewan

Kalo Nemu Ini Jangan Dibuang!!! Berikut 6 Benda Mahal Yang Berasal Dari Hewan

Hai semuanya, selamat datang kembali di penamuslim.com.

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki berjuta manfaat bagi lingkungan dan manusia. Selain sebagai sumber makanan nih teman-teman, ternyata hewan juga dapat menghasilkan sesuatu benda yang memiliki nilai ekonomis bagi manusia. Mulai dari telur hewan itu sendiri, hingga kotoran dari hewan tersebut, bahkan beberapa benda yang berasal dari hewan menjadi benda yang mahal karena tingkat kesulitan dalam mendapatkannya.


Lalu benda apa sajakah yang memiliki nilai fantastis itu ?
berikut 6 benda mahal yang berasal dari hewan versi penamuslim.com



1. Sutera 

Sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutera yang paling umum adalah sutera dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutera morbei atau bombigsmorry yang diternak. Nah, sutera bertekstur mulus, lembut namun tidak licin.

Ruba berkilauan menjadi daya tarik sutera ini berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang memolehkan kain sutera yang membiaskan cahaya pada berbagai sudut.



Nah teman-teman, selain sutera ternakan terdapat sutera liar lo,,,

Sutera liar sendiri dihasilkan oleh ulat selain ulat sutera morbei dan dapat pula diolah. Berbagai sutera liar dikenal juga dan digunakan di Cina, Asia Selatan, dan Eropa sejak zaman silam. Namun sekala produksinya selalu saja jauh kecil dari pada sutera ternakan. Sutera liar  berbeda dengan sutera ternakan dari segi warna dan tekstur dan kepompong liar yang dikumpulkan biasanya sudah dirusak oleh ngengat yang keluar sebelum kepompong tersebut diambil.


2. Mutiara

Mutiara adalah salah satu bentuk benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak khususnya mantel dari moluska hidup. Nah, hampir semua moluska bercangkang bisa menghasilkan beberapa jenis mutiara melalui proses alami.Sebuah mutiara alami terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali di alam liar.

Kerang hasil mutiara umumnya berasal dari family dareday, namun yang umum dikenal dari jenis tertentu seperti gold atau sirverliper, dan lain sebagainya.

Semua anggota family ini hidup di laut sedangkan moluska lain penghasil mutiara yang sejauh ini dekenal berasal dari kelompok abalon dan beberapa gasropoda yang lain serta kerang bivalvia air tawar.

Nah, teman-teman setiap jenis kerang mutiara menghasilkan mutiara dengan spesifikasi yang berbeda-beda lo.


3. Caviar

Caviar merupakan telur dari ikan trugeon. Trugeon sendiri adalah salah satu hewan yang hampir punah. Hal inilah yang menyebabkan telur ikan ini menjadi komuditas yang langka dan mahal.

Cuman, orang yang sudah kelebihan duit dan bosan dengan makanan biasa saja, rela mengeluarkan uang untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.


Satu porsi caviar bernilai sampai satu jutaan rupiah lo teman-teman. Dan kalian tahu sebenarnya tidak membuat kenyang perut yang memaknnya. Ya Cuma bisa bikin kotor gigi doang si,,,


4. Sarang Walet

Jarang sekali orang yang ingin membeli air liur untuk sebagi bahan kosumsi. Tapi beda nih teman-teman dengan liur dari burung yang satu ini. Dengan air liurnya yang kental, burung walet membuat sarangnya. Nah, air liur yang kental itu akan mengering saat terkena udara.

Nah terdapat dua jenis sarang burung walet yakni :
Sarang burung walet yang dipanen di goa-goa dipegunungan dan
Sarang burung walet yang terdapat pada bangunan yang dibuat oleh manusia.

Direstoran, sarang burung walet biasanya disajikan dalam bentuk sup atau manisan sebagai makanan penutup. Sejak berabad-abad silam makanan yang satu ini telah digemari oleh masyarakat Tiongkok.

Belakangan ini sup sarang burung walet dikemas dan diproduksi secara modern sebagai salah satu tounik penambah energi. Sayang harganya sangatlah mahal.


5. Kopi Luak

Asal mula kopi luak itu terkait erat dengan sejarah pembudidayaan kopi di Indonesia. Saat era tanam paksa, Belanda membudidayakan kopi dan melarang para pekerja perkebunan pribumi untuk mengkonsumsi kopi tersebut. Akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba meminum minuman kopi yang terkenel itu dan menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi. Tetapi tak mampu mencerna biji kopi dengan baik shingga mngeluarkannya kembali dalam bentuk kotoran.

Kemudian biji kopi dari kotoran luak ini kemudian diambil lalu diolah sehingga terciptalah kopi luak.

Ternyata teman-teman kopi yang berasal dari kotoran luak ini memiliki aroma dan rasa yang lebih nikmat, karena kelangkaannya serta proses pembuatnnya kopi luak pun menjadi kopi yang mahal.

Nah luak ini memiliki kemampuan untuk mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak, termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya.


6. Propolis

Propolis merupakan air liur lebah yang terdapat empat jenis produk yang diproduksi oleh lebah. Dan semuanya bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Madu, bipolen, royal jelly dan propolis. Dari keempat jenis produk ini hasil lebah tersebut  propolislah yang menjadi bintang dari semuanya. Karena jumlahnya sedikit dan memiliki khasiat paling mantap. Bagi manusia propolis propolis lebah dapat dimanfaatkan untuk memeberi perlindungan bagi tubuh.

Dimana produk ini dapat mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi sebagai sistem Imunitas tubuh, menghalangi inveksi virus, jamur, dan parasit lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan ilmuan dari Amerika menemukan bahwa propolis ini dpat digunakan untuk menghambat pertumbuhan virus HIV. Wowww,,,

Ok sobat penamuslim.com Itulah tadi keenam benda mahal yang berasal dari hewan yang telah penamuslim.com berikan. Semoga bermanfaat,,,


Sumber : youtube hewan populer
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar