6 Ciri Wanita Sholehah yang Perlu Kalian Ketahui

6 Ciri Wanita Sholehah yang Perlu Kalian Ketahui


Setiap laki-laki tentu mendambakan dan ingin memiliki pasangan isteri shalihah. Isteri shalihah adalah perhiasan di dunia. Istri shalihah tentu tidak seperti wanita-wanita yang ada dalam cerita atau dongeng, dengan paras cantik, kelembutan dan juga kekayaannya. Isteri shalihah adalah mereka para perindu surga.

Abdullah bin Amr radhiallahu 'anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam:

الدُّنْيَا مَتاَعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan2 dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim no. 1467)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada Umar ibnul Khaththab radhiallahu 'anhu:

أَلاَ أُخْبِرَكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ، اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهَ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهَ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهَ

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya3, bila diperintah4 akan mentaatinya5, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Berkata Al-Qadhi ‘Iyyadh rahimahullah: “Tatkala Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menerangkan kepada para sahabatnya bahwa tidak berdosa mereka mengumpulkan harta selama mereka menunaikan zakatnya, beliau memandang perlunya memberi kabar gembira kepada mereka dengan menganjurkan mereka kepada apa yang lebih baik dan lebih kekal yaitu istri yang shalihah yang cantik (lahir batinnya) karena ia akan selalu bersamamu menemanimu. Bila engkau pandang menyenangkanmu, ia tunaikan kebutuhanmu bila engkau membutuhkannya. Engkau dapat bermusyawarah dengannya dalam perkara yang dapat membantumu dan ia akan menjaga rahasiamu. Engkau dapat meminta bantuannya dalam keperluan-keperluanmu, ia mentaati perintahmu dan bila engkau meninggalkannya ia akan menjaga hartamu dan memelihara/mengasuh anak-anakmu.” (‘Aunul Ma‘bud, 5/57)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah pula bersabda:

أَرْبَعٌ مِنَ السَّعَادَةِ: اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، وَالْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيُّ. وَأَرْبَعٌ مِنَ الشّقَاءِ: الْجَارُ السّوءُ، وَاَلْمَرْأَةُ السُّوءُ، وَالْمَركَبُ السُّوءُ، وَالْمَسْكَنُ الضَّيِّقُ.

“Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” (HR. Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 302, dishahihkan Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’ush Shahih, 3/57 dan Asy-Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 282

Isteri shalihah adalah para muslimah yang memiliki karakteristik dan ciri-ciri sebagai berikut;

1. Wanita taat beragama yang menyerahkan dirinya pada Rabbnya dan senantiasa mematuhi-Nya.

2. Wanita yang menyelisihi hawa nafsunya yang seringkali memerintahkan pada keburukan.

3. Wanita yang menyelisihi syahwat keinginan yang buruk

4. Wanita yang mendengar dan mengetahui berbagai perintah, larangan, kabar berita dan hukum Allah seraya mengatakan: “kami mendengar dan kami taat, maka ampunilah kami wahai Rabb kami dan kepada-Mulah kami akan kembali.”

5. Tunduk kepada ajaran Islam dan menaati Rasulnya

6. Selamat dari pengikutan buta kepada para musuh Allah dalam masalah adat kebiasaan, pakaian dan bercampur baur dengan lelaki lain.

Inilah diantara kriteria isteri shalihah. Setiap pemuda muslim yang ingin mendapatkan perhiasaan dunia terindah sebaiknya mencari pasangan dengan kriteria tersebut. #BerbagiSemangat

Semoga bermanfaat

Jangan Lupa Share  ^_^

Sumber :  #BerbagiSemangat
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar