Jumat, 13 Juli 2018

3 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Apa Saja?




Buah nangka merupakan makanan khas Indonesia yang banyak sekali kita jumpai di pelosok daerah-daerah terpencil maupun di kota-kota, yang banyak dijual dipinggiran kota. Warna yang berwarna kuning jikalau sudah matang/masak dan baunya pun harum sekali,,,

Buah nangka memiliki saudara spesies yaitu cempedak. Buah cempedak pun kuning warnanya dan harum baunya bila dicium dari kejauhan pun sudah harum sekali, karena cempedak baunya lebih tajam disbanding dengan buah nangka. Buah cempedak walaupun sama spesiesnya akan tetapi memiliki perbedaan yaitu buahnya yang mungil nan elok bila di lihat.

Kita tidak sedang membicarakan buah cempedak akan tetapi membicarakan buah nangka yang besar bentuknya dan porsinya pun lebih banyak dibandingkan dengan cempedak.

Aroma buah nangka yang khas selalu membuat kita tergugah untuk memakannya. Apalagi dimakan bersama dengan es kelapa. Yum! Buah nangka ini selain lezat juga kaya akan manfaat lho! Apa saja ya manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumi buah nangka? Berikut ulasannya seperti yang diambil dari Kumparan.

1. Kaya Akan Protein

Menyantap biji nangka secara rutin dipercaya dapat memenuhi asupan protein yang berkhasiat membantu membentuk massa otot dan mempercepat kerja metabolisme dalam tubuh.

Kok bijinya yang dimakan ???

Iya,,,selain buah nangka enak dimakan ada satu bagian yang banyak orang tidak tahu nih kawan-kawan. Yups ,,,,betul sekali, yaitu biji buah nagka. Selain bisa dimakan, biji nangka juga mempunya kaya akan protein nih kawan-kawan. Jadi, kalau kalian membeli buah nangka jangan lupa pula bijinya dimakan ya kawan-kawan,,,

Caranya mudah banget nih,,,,bersihkan biji nangka kemudian rendam biji nangka denga air mendidih dan jangan lupa dikasih garam secukupnya untuk penambah rasa.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Biji nangka sangat ampuh untuk mengurangi nyeri akibat masalah pencernaan. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan menjaganya tetap sehat.

3. Menangkal Kanker

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin dalam biji nangka rupanya juga dapat mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Selain itu, biji nangka juga mengandung sifat anti kanker yang dapat memperlambat degenerasi sel tubuh.

Nah itulah tiga manfaat buah nangka bagi kesehatan. Jangan ragu untuk mengkonsumsinya ya kawan-kawan,,,

Semoga bermanfaat,,,dan jangan lupa Share ya


---- IKLAN TENGAH ARTIKEL DISINI ----

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya