Jika Idul Fitri Bertepatan dengan Hari Jum'at, Apakah Kita Perlu Sholat Jum'at?



بسم الله الرحمن الرحيم


Jika Idul Fitri bertepatan dengan Hari Jum'at, Apakah Kita Perlu Sholat Jum'at?

Alhamdulillah Wa Sholatu Wa Salamu Ala Rosulillah. Amma Ba'du...

Romadhon tahun ini Romadhon 1439 memang Spesial, Karena ada Kemungkinan Kita tergabung 2 Hari raya yakni idul Fitri dan Sholat Jum'at berkumpul menjadi Satu dalam 1 Waktu. Sepeti tahun-tahun yang lalu.

Banyak timbul pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat awam yang belum mengerti tentang agama seutuhnya. Lalu pertanyaan nya Adalah, Perlukan Kita Jika Sudah Sholat Hari Raya Idul Fitri dan Sholat Jum'at juga, atau Cukup Bagi kita Sholat Dzuhur saja? 



Berikut ini akan Kami Paparkan Perbedaan di Kalangan ulama Terkait ini, Agar kita Saling bisa Menghargai Perbedaan yang ada.

  • Boleh Sholat Sholat Jum'at/Tidak

Jika berbarengan idul Fitri dan Jumat boleh Sholat Jum'at atau Tidak, dan Sholat ini boleh di Ikuti oleh Orang yang Sudah Sholat Ied Maupun yang Belum Sholat Idul Fitri (Jika tidak Sholat Jum'at maka Wajib Sholat Dzuhur, red), ini adalah Pendapat Imam Ahmad, Umar bin Khotob RA, Utsman, Az Zubair. (Hr Abu Daud 1070, Ibnu Majah 1310) pendapat ini yang di Ambil Oleh Syeikh Bin Baz dan Syeikh Utsaiment Rahimahumallah.

  • Cukup Sholat Dhuhur Saja

Jika bergabung Sholat Ied dan Hari Jum'at maka Mereka Cukup Sholat Dzuhur Saja, sebagaimana Riwayat dari Ibnu Zubeir yang di benarkah Oleh Ibnu Abbas Rahimahullahu Anhumaa, dalam Riwayat Abu Daud 1071, Menurut Syeikh Al Bany riwayat ini Hasan Shohih.

  • Adapun bagi Imam Wajib Sholat Jum'at

Dari Hadist Nu'man bin Basyir Radhiallahu Anhu, yang Menyebutkan bagi Imam yang bertugas Sebagai Khotib hendaknya Melaksanakan Sholat Jum'at, karena di Khawatirkan di daerah tadi akan ada Jama'ah yang akan Sholat, sementara tidak ada yang Mengimami. (Hr Muslim 878), Namun jika memilih untuk tidak melakukan sholat jumat maka Wajib atasnya Sholat Dzuhur 4 Rokaat. (Fatawa Lajnah Daaimah 8/182-183).

KESIMPULAN

  • Lebih Baik SHOLAT JUM'AT bagi Kaum muslimin yang tinggal di Kota atau PEDESAAN, yakni ketika Mereka MUDAH berkumpul Ketika ada Panggilan Sholat Jum'at.
  • Adapun untuk Imam atau Petugas Jum'at Wajib melaksanakan Tugasnya, karena bisa jadi ada masyarakat yang akan Sholat jumat bersama nya.
  • Saling Menghargai Perbedaan dalam Perkara Khilafiyyah adalah Mulia.

#Repost Ustadz Nur Ahmad


والله أعلم بالصواب



Belum ada Komentar untuk "Jika Idul Fitri Bertepatan dengan Hari Jum'at, Apakah Kita Perlu Sholat Jum'at?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel